Riwayat Islam di Negeri Hindustan (3)

Bookmark and Share


Riwayat Islam di Negeri Hindustan (3)
Masjid Jama di Old Delhi, India.

India yang Bhattacharya dalam bukunya “Cultural Heritage of India Vol IV” juga bersepakat dengan kedatangan Islam, bangsa Arab menjadi sebuah kekuatan kebudayaan terkemuka di dunia.

Menurut mereka ajaran Islam dibawa ke India oleh para pedagang dan saudagar Arab. Selain masyarakat di wilayah Keralla, ada pula yang menyebutkan masyarakat India pertama kali yang memeluk Islam berada di wilayah Mappila.

Hal itu dapat dimaklumi lantaran wiliayah itu berbekatan dengan Arab. Perlu beberapa abad bagi Islam untuk menyebar di seluruh wilayah India.

Ada banyak faktor yang menyebabkan orang India berbondong-bondong menganut ajaran Islam seperti, pernikahanan, integritas ekonomi, ingin terbebas dari struktur kasta, serta tersentuh dengan dakwah yang dilakukan para tokoh sufi.

Ajaran Islam semakin menyebar luas di wilayah India setelah terbentuknya Kesultanan Delhi di wilayah itu. Dinasti Islam pertama di India adalah Dinasti Gaznawi yang dipimpin Mahmud Gaznawi.

Sejak tahun 1020, Mahmud telah menguasai beberapa wilayah di India sekaligus menundukkan dan mengislamkan raja-raja di tanah para ‘dewa’ itu.

Setelah kekuasaan Dinasti Gaznawi memudar, lalu berdirilah Kesultanan Delhi, yakni beberapa Kesultanan yang berkuasa dari tahun 1206 M hingga 1526 M.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Heri Ruslan