Tokoh-tokoh Populer Cina yang Beragama Islam

Bookmark and Share


Tulisan ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menyinggung golongan etnis atau agama tertentu. Tapi sekedar meluruskan beberapa berita hoax yang tersebar di internet misalnya yang terdapat di alamat:

Sebenarnya, bukan masalah tema Islam atau bukan. Tapi yang jadi persoalan adalah justru artikel yang menjadi bantahannya malah lebih terkesan bernuansa sentimen etnis ketimbang tulisan yang jadi HOAX tersebut (setidaknya dalam sudut pandang saya). Secara alami—-dalam batasan kerangka berpikir “alay” yang wajar—–kita akan cenderung merasa bangga jika ada diantara orang-orang ternama di dunia mempunya kesamaan dalam satu atau sekian identitas dengan kita. Misalnya ketika Obama (presiden amerika saat ini) terpilih beberapa saat lalu, banyak orang-orang Indonesia merasa ikut-ikutan senang, mengingat latar Belakang beliau yang pada masa kanak-kanak sempat berdiam diri selama lima tahun di Indonesia. Bukannya saya merasa angkuh atau gimana, tapi nyatanya dengan mengingat frasa “siapa lu siapa gue” yang bisa berlaku pada semua orang tidak peduli nabi atau rakyat jelata, maka sikap orang-orang indonesia ini terkesan berlebihan. Saya sama sekali tidak yakin kenangan selama 5 tahun di usia kanak-kanak mampu membentuk keterikatan emosional antara pemimpin “sibuk” dari negara adidaya dengan orang-orang dari suatu negara yang sedang berkembang. Kecuali kalo orang-orang dari negara berkembang tersebut terlalu minder dengan jati dirinya sehingga membutuhkan orang-orang dari “luar planet” untuk dijadikan idola.

[Maaf Obama, saya sudah berburuk sangka nih...!!!]

Bahkan pemain bola saja yang sudah terikat konrak selama beberapa tahun (katakanlah 10 tahun) dengan suatu klub tertentu, Ketika pada akhirnya kontrak selesai dan ia membela klub barunya, tentu akan tidak segan-segan melontarkan kritik pada manajer klub lamanya di media massa.

[Lantas apa hubungannya?]

Oke, kembali ke topik mengenai muslim di China.

Yang jelas menurut saya, artikel-artikel yang menyebutkan kalo wong-fei-hung, fong-sai-yuk, atau lain sejenisnya sebagai seorang muslim itu kurang akurat karena tidak disertai sumber yang jelas. Wong-fei-hung sendiri menurut informasi yang dapat dipercaya (http://en.wikipedia.org/wiki/Wong_Fei-hung), wafat pada tahun 1924. Artinya masih banyak informasi-informasi akurat yang bisa dicari mengenai keberadaan beliau semasa hidup. Di wikipedia sendiri diberikan beberapa artikel mengenai murid beliau, salah satunya adalah:

Lam sai wing (http://www.kungfulibrary.com/hunggar.htm). ‘

Jadi, kalo mau menyebarkan informasi HOAX, pastikan dulu kalo informasi tersebut bukanlah informasi tentang topik populer, yang bisa saja sudah banyak artikel yang memuatnya. Terlepas dari betul tidak nya wong-fei-hung itu Muslim atau bukan, saya rasa pemerintah Cina sendiri tidak punya alasan untuk menutup-nutupi identitasnya tersebut.

Untuk memastikannya di wikipedia sendiri banyak diberikan informasi-informasi mengenai daftar tokoh-tokoh penting di Cina (khususnya Cina Taiwan) yang beragama Islam.

http://en.wikipedia.org/wiki/Islam_in_China

Dan ini bukanlah kebetulan. Penduduk China yang beragama Islam berjumlah sekitar 23 juta jiwa. Kendatipun hanya sekian persen dari total populasi Cina (RRC 1.8 % populasi dan Taiwan 0.1 % populasi), tapi jumlah tersebut sangat signifikan, 5 kali lipat dari jumlah penduduk muslim palestina, yang nasibnya selalu diributkan di media massa.

Berikut ini merupakan daftar orang-orang penting/populer dalam sejarah Cina yang beragama Islam, dari dulu sampai sekarang, selain laksamana cheng-ho yang pernah singgah di Indonesia beberapa abad Silam.

1. Hui Liangyu:

http://news.xinhuanet.com/english2010/china/2011-02/07/c_122243120.htm

http://islamopediaonline.org/country-profile/china/highly-influential-20th-and-21st-century-chinese-muslim-personalities/hui-lian

Beliau merupakan wakil perdana bidang pertanian/agrikultur di RRC, lagi dalam masa jabatan incumbent. Bergabung dengan partai komunis cina sejak tahun 1966. (http://english.people.com.cn/data/people/huiliangyu.shtml)

2. Ma Xianda:

http://ezine.kungfumagazine.com/magazine/article.php?article=244

Nah ini beneran muslim yang jago kungfu. Seperti kita ketahui dalam seni beladiri Kungfu, untuk memproleh gelar grand Master itu sangat sulit. Dan nyatanya di dunia ini grand master kungfu itu hanya ada empat orang. Dan salah satunya itu beliau ini.

3. Bai Cong Xi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Bai_Chongxi

Ini merupakan pahlawan nasional China Taiwan. Salah satu tangan kanan chiang-kai sek. Memperolah gelar kehormatan Order Of Blue Sky and White Sun (gelar tanda jasa tertinggi kedua di Taiwan).

4. Ma zhansang:

http://en.wikipedia.org/wiki/Ma_Zhanshan

Pahlawan Gerilya China Taiwan yang menghadang penyerbuan Jepang ke Manchuria. Dilahirkan dengan nama muslim Muazzan Husein.

5. Hu Dahai, Lan Yu, Mu Ying, merupakan jendral-jendral yang menjadi pendiri Dinasti Ming di China:

http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_Ming_Dynasty

6. Dong Fuxiang:

http://en.wikipedia.org/wiki/Dong_Fuxiang

merupakan jendral dalam masa Dinasti Qing di Cina.

7. Chang Yu Chun

http://en.wikipedia.org/wiki/Chang_Yuchun

Juga jendral dalam dinasti Ming.

Dalam Bidang agama juga terdapat tokoh-tokoh populer antara lain:

1. Qi Jingyi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Qi_Jingyi

salah satu penyebar tarekat Qadiriyah di Cina.

2. Yusuf Ma Dexin:

http://en.wikipedia.org/wiki/Yusuf_Ma_Dexin

orang yang pertama mentranslate Al-Quran ke bahasa Cina.

Kendatipun tidak semuanya adalah muslim menurut defenisi Bin Baz dan kawan-kawan, tapi setidaknya secara pengakuan mereka adalah Muslim.

Saya kadang Berfikir kalo orang yang pertama kali menulis tentang wong-fei-hung sebagai seorang Muslim memang tahu kalo tulisannya tersebut HOAX?

Nurul hasanah